Berfokus kepada UMKM Kota Padang, AIESEC in Unand kembali hadir dengan program volunteer Local Project “YouthFest”

Contents

By Laura Tri Julisa – 18 Agustus 2023

Tercatat adanya kenaikan signifikan dari jumlah UMKM di Kota padang pasca pandemi Covid-19. Berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM di Kota Padang pada tahun 2021, ada sebanyak 11.787 pelaku UMKM, hal ini membuktikan bahwa UMKM di Kota Padang memiliki potensi yang kuat di bidang kewirausahaan. Namun, melihat dari kemajuan era digital dan bisnis, Kota Padang masih belum memaksimalkan kemajuan tersebut dalam mendorong perekonomian melalui UMKM yang ada. Berdasarkan artikel dari www.jurnal.id menyatakan bahwa terdapat 4 kota dengan kemajuan teknologi bisnis di indonesia (Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan). Disini, Kota padang masih terhitung belum bisa memaksimalkan kemajuan teknologi bisnis tersebut.

Organizing Committee President (ketua pelaksana), Local Project YouthFest 2023, Olivia Berliana Apriliani mengatakan Kota Padang memiliki aneka ragam UMKM yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi penduduk Kota Padang. Namun keberadaan UMKM masih belum sepenuhnya dimaksimalkan. Hal ini diakibatkan oleh ketidakmerataan akses terhadap informasi dan era digital. Masih banyak tokoh-tokoh UMKM yang tidak tahu bagaimana memanfaatkan program-program pemerintah dan tidak sedikit dari mereka  yang tidak mengerti bagaimana cara memanfaatkan sosial media untuk melakukan marketing terhadap produk mereka.

Baca juga : 9 Bootcamp Terbaik di Indonesia 2023

Beralih ke AIESEC in Universitas Andalas memiliki salah satu program yang bernama “Local Project”. Local Project adalah program 4 minggu hybrid volunteer sebagai bagian dari program pengembangan diri para pemuda. Proyek pengabdian pada masyarakat ini merujuk pada Sustainable Development Goals (SDGs). Local project akan memberi pemuda pengalaman untuk menciptakan dampak di masyarakat dan memperkenalkan mereka pada konsep pengembangan kepemimpinan. Program ini dapat diikuti oleh orang-orang yang ingin mengembangkan diri dan memiliki ketertarikan pada SDGs, mulai dari pelajar SMA sampai mahasiswa yang berusia rentang 18-24 tahun.

AIESEC UNAND

AIESEC in Universitas Andalas sendiri sudah menjalankan sebanyak 3 kali program Local Project yang dimana Local Project ketiga adalah Local Project : YouthFest yang berfokus pada isu UMKM yang disampaikan sebelumnya. YouthFest adalah Local Project inisiatif dari AIESEC in UNAND yang mendukung SDGs nomor 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Project ini fokus kepada pelestarian kegiatan dan aktor UMKM di Kota Padang. Tercatat adanya kenaikan signifikan dari jumlah UMKM di Kota Padang ketika pandemi Covid-19, membuktikan bahwa UMKM Kota Padang memiliki potensi yang kuat di bidang kewirausahaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemuda-pemuda Kota Padang untuk melestarikan potensi UMKM tersebut agar tidak kalah dari pesaing dari luar. Di project ini, peserta akan berkontribusi dalam melestarikan UMKM serta mengembangkan potensi ekonomi Kota Padang yang akan dilaksanakan dalam waktu empat minggu dan dengan sistem hybrid.

Local project yang diadakan selama satu bulan penuh ini memberikan berbagai jenis kegitan dan pengalaman kepada pemuda yang mengikuti program ini, mulai dari kegiatan yang dilakukan secara online hingga kegiatan yang langsung ke lapangan.

Pada 2 minggu pertama YouthFest membekali pemuda dengan berbagai workshop yang mendatangkan para narasumber yang ahli dibidangnya. Seperti pembahasan mengenai leadership, marketing, design hingga pembahasan ekonomi luar negeri yang langsung dari AIESEC representative negara tersebut (Korea dan Tunisia).

Setelah 2 minggu pembekalan, YouthFest beralih ke kegiatan offline sebagai bentuk pembekalan yang lebih detail dan aplikasi dari pembekalan yang sudah diberikan. Kegiatan-kegiatan tersebut berupa UMKM Visit yang dilakukan pada 2 UMKM dalam dan luar Kota Padang. UMKM tersebut antara lain Christian Hakim Idea Park di Kota Padang dan Serambi Milk di Kota Padang Panjang.

Baca juga : Intip Bootcamp yang Bikin Kamu Jago Tech Skill dan Siap Kerja!

Pada UMKM Visit ini para pemuda melihat bagaimana proses produksi dari UMKM yang dikunjungi serta berkesempatan untuk bertemu secara langsung dengan pendiri dari kedua UMKM tersebut.

Program selanjutnya adalah program Business Model Canvas dan acara puncak dari Local Project : YouthFest yaitu YouthFest Bazaar yang dilakukan sebagai bentuk implementasi oleh para pemuda terhadap ilmu-ilmu yang sudah didapat pada kegiatan sebelumnya.

Dari berbagai kegiatan YouthFest yang dipaparkan sebelumnya memberikan gambaran kepada para pemuda bagaimana kondisi sebenarnya dari UMKM di Kota Padang. Disini harapannya para pemuda memberikan dampak yang menunjang ekonomi Kota Padang dengan peduli pada UMKM setempat.

Startup Campus

Bagikan Artikel

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
binance美國註冊

Thank you for your sharing. I am worried that I lack creative ideas. It is your article that makes me full of hope. Thank you. But, I have a question, can you help me?

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x