Diskon Bootcamp di Startup Campus

Chat GPT 3.5 VS Chat GPT 4 : Perbedaan Utama yang Harus Kamu Ketahui di Tahun 2024

Contents

Artificial Intelligence (AI) telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, terutama di bidang Natural Language Processing (NLP). Salah satu teknologi paling menonjol di bidang ini adalah Generative Pre-trained Transformer (GPT), yang dikembangkan oleh OpenAI.  Dua versi terbaru dari Chat GPT yang paling banyak diperbincangkan adalah Chat GPT 3.5 dan Chat GPT 4. Namun, apa sebenarnya perbedaan antara keduanya? Yuk, baca selengkapnya!

Baca juga : 7 Pelatihan Gratis Google AI dari Basic sampai Advance

Apa itu ChatGPT 3.5?

GPT 3.5 adalah salah satu versi lanjutan dari model GPT 3 yang menggunakan teknik deep learning untuk menghasilkan teks lebih baik dan lebih alami.  Dilatih dengan dataset yang luas dan beragam, ChatGPT 3.5 mampu merespons berbagai pertanyaan dan prompt dengan jawaban yang relevan. Namun, model ini memiliki beberapa keterbatasan, terutama dalam memahami instruksi yang sangat spesifik. Meskipun demikian, ChatGPT 3.5 tetap menjadi alat andalan yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan, seperti penggunaan chatbot secara real time, penerjemahan bahasa, dan asisten virtual.

 Berikut adalah beberapa fitur dan karakteristik utama dari ChatGPT 3.5:

1. Ukuran Model

 GPT-3.5 memiliki sekitar 175 miliar parameter, yang dapat memahami berbagai macam prompt dan menghasilkan teks yang kompleks.

2. Kemampuan Bahasa

GPT-3.5 dapat memahami dan menghasilkan teks dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia, dengan tingkat akurasi yang tinggi.

3. Aplikasi

Model ini digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk asisten virtual, penulisan konten, analisis teks, dan banyak lagi.

4. Pembelajaran Berkelanjutan 

GPT-3.5 dilatih dengan berbagai data dari internet, termasuk artikel, buku, dan konten lainnya, yang membuatnya mampu menjawab berbagai macam pertanyaan. 

Apa itu ChatGPT 4?

ChatGPT 4 adalah versi dari GPT-3.5 dengan fitur yang lebih canggih.  Chat GPT 4 dilatih dengan dataset yang lebih komprehensif, sehingga mampu memahami dan mempertahankan konteks percakapan dengan lebih baik. Kemampuan ini membuat ChatGPT 4 dapat memberikan respons dan menghasilkan text yang lebih akurat dan relevan dibandingkan chat gpt 3.5. 

Berikut adalah beberapa fitur utama dari ChatGPT 4:

1. Ukuran Model

Meskipun OpenAI tidak menjelaskan secara spesifik jumlah parameter dalam GPT-4, tetapi model ini diketahui memiliki parameter yang lebih banyak daripada GPT-3.5, yang meningkatkan kemampuannya dalam memahami dan menghasilkan teks.

2. Pemahaman Konteks 

GPT-4 memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memahami konteks percakapan, memungkinkan interaksi yang lebih alami dan relevan.

3. Akurasi dan Ketepatan

 Dengan lebih banyak data pelatihan dan algoritma yang ditingkatkan, GPT-4 menawarkan akurasi yang lebih tinggi dalam menghasilkan teks dan menjawab pertanyaan.

4. Kemampuan Multitugas 

Salah satu fitur menarik dari GPT-4 adalah kemampuannya untuk memahami dan menghasilkan konten tidak hanya dalam bentuk teks, tetapi juga dalam bentuk gambar dan suara.

Baca juga : 13 Perusahaan AI di Indonesia yang paling menginspirasi!

Perbedaan ChatGPT 3.5 vs ChatGPT 4

Berikut adalah tabel yang menunjukkan perbedaan utama antara ChatGPT 3.5 dan ChatGPT 4:

FiturChatGPT 3.5ChatGPT 4
Ukuran Model175 miliar parameterLebih banyak parameter (tidak diungkapkan)
Pemahaman KonteksBaikLebih baik
AkurasiTinggiLebih tinggi
Kemampuan MultitugasTextAda (teks, gambar, suara)
ResponsivitasCepatLebih cepat
Penyesuaian responTidak memiliki kemampuan untuk menyesuaikan respons sesuai personalityDapat menyesuaikan respons sesuai personality pengguna
Panjang PercakapanTidak spesifik, namun lebih pendek dibandingkan ChatGPT 4Lebih spesifik

Bagaimana Cara Mengakses Chat GPT 4

Untuk menggunakan GPT-3.5 dan GPT-4, kamu perlu berlangganan layanan ChatGPT dari OpenAI. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengakses GPT-4:

  1. Kunjungi situs ChatGPT di https://chat.openai.com.
  2. Jika kamu sudah memiliki akses ke ChatGPT Plus, kamu akan langsung diarahkan ke halaman login ChatGPT4.
  3. Jika belum, kamu perlu upgrade ke ChatGPT Plus dengan memilih “Upgrade ke Plus” dari sidebar.
  4. Ikuti instruksi untuk membayar langganan bulanan sebesar $20.
  5. Setelah berlangganan, kamu akan mendapatkan akses penuh ke GPT-4 dengan batas 100 prompt  per empat jam.

Chat GPT Mana yang Direkomendasikan?

Pilihan antara ChatGPT 3.5 dan GPT-4 tergantung pada kebutuhanmu. Berikut adalah beberapa rekomendasi penggunaan berdasarkan keunggulan masing-masing model:

  1. Untuk Kebutuhan Sederhana: Jika kamu membutuhkan AI untuk tugas-tugas sederhana seperti menjawab pertanyaan umum atau memberikan informasi dasar, ChatGPT 3.5 sudah lebih dari cukup
  2. Untuk Kebutuhan Kompleks: Jika kamu butuh AI untuk melakukan tugas yang lebih kompleks dan ingin mengakses image generator ataupun fitur premium lainnya, berlangganan ChatGPT Plus untuk mengakses GPT-4 adalah pilihan yang tepat.
  3. Pertimbangan Biaya: ChatGPT 4 mungkin lebih mahal untuk diakses dibandingkan dengan ChatGPT 3.5 karena peningkatan kemampuan dan parameter yang lebih besar. 

Baca juga : Bootcamp adalah Solusi Tepat untuk Belajar IT yang Menyenangkan!

Jika kamu tertarik untuk belajar AI dan penerapannya. Kamu dapat mengikuti kursus AI di Startup Campus. Di kursus ini, kamu bisa belajar langsung dari para ahli berstandar global dengan harga yang sangat terjangkau. Hanya Rp.599.000 saja kamu sudah bisa belajar dari nol sampai mahir. Tunggu apalagi, Daftar sekarang juga!

Picture of Startup Campus

Bagikan Artikel

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x