Data Privacy vs Data Protection: Apa Perbedaannya?

Contents

Di era digital ini, istilah data privacy dan data protection semakin menjadi perbincangan penting, terutama mengingat banyaknya informasi pribadi yang dipertukarkan secara daring. Artikel ini akan membimbing Anda untuk memahami konsep-konsep tersebut, memberikan contoh konkret, dan menguraikan perbedaan serta pentingnya data privacy.

Baca juga : Panduan Ringkas Memahami Perbedaan Data Analyst dan Data Analytics

Apa itu Data Privacy?

Data privacy

Data privacy adalah hak individu untuk mengendalikan data mereka sendiri. Data privacy mencakup hak untuk mengetahui data apa yang dikumpulkan tentang diri mereka, bagaimana data tersebut digunakan, dan siapa yang memiliki akses ke data tersebut.

Contoh Data Privacy

Berikut adalah beberapa contoh data privacy:

  • Hak untuk mengetahui data apa yang dikumpulkan tentang diri Anda: Anda memiliki hak untuk mengetahui data apa yang dikumpulkan tentang diri Anda oleh perusahaan atau organisasi. Anda dapat memperoleh informasi ini dengan meminta perusahaan atau organisasi tersebut untuk memberikan informasi tentang data Anda.
  • Hak untuk mengetahui bagaimana data Anda digunakan: Anda memiliki hak untuk mengetahui bagaimana data Anda digunakan oleh perusahaan atau organisasi. Anda dapat memperoleh informasi ini dengan meminta perusahaan atau organisasi tersebut untuk menjelaskan bagaimana data Anda digunakan.
  • Hak untuk mengetahui siapa yang memiliki akses ke data Anda: Anda memiliki hak untuk mengetahui siapa yang memiliki akses ke data Anda. Anda dapat memperoleh informasi ini dengan meminta perusahaan atau organisasi tersebut untuk menjelaskan siapa yang memiliki akses ke data Anda.

Baca juga : Jenis Analisis Data dan Manfaatnya Sehari-hari

Apa itu Data Protection?

Data protection adalah praktik melindungi data dari akses, penggunaan, pengungkapan, atau perusakan yang tidak sah. Data protection mencakup berbagai langkah, seperti mengenkripsi data, membatasi akses ke data, dan menerapkan kebijakan keamanan data.

Contoh Data Protection

Berikut adalah beberapa contoh data protection:

  • Mengenkripsi data: Mengenkripsi data adalah proses mengubah data menjadi format yang tidak dapat dibaca tanpa kunci khusus. Encryption dapat membantu melindungi data dari akses yang tidak sah.
  • Membatasi akses ke data: Perusahaan dan organisasi harus membatasi akses ke data hanya kepada mereka yang memiliki kebutuhan untuk mengaksesnya. Ini dapat membantu melindungi data dari akses yang tidak sah.
  • Menegakkan kebijakan keamanan data: Perusahaan dan organisasi harus memiliki kebijakan keamanan data yang jelas yang menjelaskan bagaimana data dilindungi. Kebijakan ini harus dikomunikasikan kepada karyawan dan ditegakkan secara konsisten.

Perbedaan Data Privacy dan Data Protection

Data privacy dan data protection adalah dua konsep yang terkait erat, tetapi memiliki perbedaan yang penting. Data privacy adalah tentang hak individu untuk mengendalikan data mereka sendiri, sedangkan data protection adalah tentang praktik melindungi data dari akses yang tidak sah.

KriteriaData PrivacyData Protection
DefinisiHak individu untuk menjaga kerahasiaan dan kontrol terhadap informasi pribadi mereka.Langkah-langkah teknis dan organisasi untuk melindungi data dari kehilangan, pencurian, atau penggunaan yang tidak sah.
FokusPemeliharaan privasi individu dan pengendalian atas penggunaan data pribadi.Keamanan dan integritas data untuk mencegah akses yang tidak sah atau pengolahan yang tidak sah.
TujuanMelibatkan cara data pribadi dikumpulkan, digunakan, diungkapkan, dan dikelola.Menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data serta mencegah penyalahgunaan atau kebocoran.
Contoh TindakanIzin individu untuk penggunaan informasi pribadi, hak untuk mengakses dan mengoreksi data.Enkripsi data, pengelolaan akses, pemantauan keamanan, dan tindakan teknis lainnya untuk melindungi data.
Aspek RegulasiTerkait erat dengan hak privasi individu, sering diatur oleh undang-undang seperti GDPR.Melibatkan kebijakan dan langkah-langkah teknis untuk memastikan keamanan dan integritas data, juga sering diatur oleh undang-undang.
Penekanan TerbesarHak individu terhadap informasi pribadi mereka.Keamanan dan integritas data secara menyeluruh.

Baca juga : Menggali Potensi Big Data: Panduan Sederhana untuk Mahasiswa Ilmu Data

Pentingnya Data Privacy

Data privacy penting karena melindungi hak individu untuk mengendalikan data mereka sendiri. Data privacy dapat membantu melindungi individu dari berbagai risiko, seperti penyalahgunaan data, identitas tiri, dan kerugian finansial.

Hak Asasi Manusia

Privasi adalah Hak Dasar: Data privacy dianggap sebagai hak dasar setiap individu yang diakui oleh banyak undang-undang hak asasi manusia.

Kepercayaan Publik

Membangun Kepercayaan: Perlindungan privasi membantu organisasi membangun kepercayaan konsumen, karena orang merasa lebih nyaman memberikan informasi pribadi mereka.

Undang-Undang dan Regulasi Data Privacy

Banyak negara memiliki undang-undang dan regulasi yang melindungi data privacy. Undang-undang dan regulasi ini biasanya menetapkan hak-hak individu untuk mengendalikan data mereka sendiri dan persyaratan untuk perusahaan dan organisasi untuk melindungi data.

  • GDPR (General Data Protection Regulation)

Mengatur Perlindungan Data Pribadi di Uni Eropa: Mewajibkan organisasi melindungi data pribadi warga Uni Eropa.

  • CCPA (California Consumer Privacy Act)

Perlindungan Privasi di California, AS: Memberikan hak kepada konsumen California untuk mengendalikan informasi pribadi mereka.

  • HIPAA (Health Insurance Portability and Accountability Act)

Perlindungan Data Kesehatan di AS: Mengatur penggunaan dan pengungkapan informasi kesehatan pribadi.

  • UU PDP (Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi)

Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) adalah undang-undang yang mengatur tentang perlindungan data pribadi di Indonesia. UU PDP mulai berlaku pada tanggal 17 Oktober 2022. UU PDP memberikan hak-hak yang kuat kepada subjek data pribadi dan menetapkan kewajiban yang jelas bagi pengendali data pribadi untuk melindungi data pribadi.

Kesimpulan

Data privacy dan data protection adalah dua konsep penting yang perlu dipahami oleh semua orang. Data privacy melindungi hak individu untuk mengendalikan data mereka sendiri, sedangkan data protection melindungi data dari akses yang tidak sah. Kedua konsep ini saling melengkapi dan penting untuk melindungi privasi dan keamanan data.

Jika Anda tertarik untuk belajar data lebih dalam,  Anda dapat ikut Bootcamp Data Science di Startup Campus. Yuk daftar sekarang disini!

Startup Campus

Bagikan Artikel

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x