Diskon Bootcamp di Startup Campus

Panduan Lengkap Sukses Wawancara Kerja 

Contents

Dalam perjalanan mencari pekerjaan, wawancara kerja seringkali menjadi tahapan yang menegangkan bagi banyak orang. Baik itu wawancara secara online maupun offline, persiapan yang matang, sikap yang penuh percaya diri, serta pemahaman yang mendalam tentang prosesnya dapat menjadi kunci sukses Kamu. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai berbagai tips, strategi, dan panduan praktis, mulai dari persiapan sebelum wawancara, tips saat wawancara, hingga strategi yang harus dilakukan setelah wawancara.Yuk, simak selengkapnya!

Baca juga : 7 Tips Apply Kerja di JobStreet, Auto Dipanggil Wawancara!

Panduan Sebelum Wawancara 

Sebelum Kamu memasuki tahap wawancara, persiapan adalah kunci utama untuk membuat kamu lebih percaya diri saat proses wawancara. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Kamu ikuti:

1. Screening dan Kenali Diri

Ingat, Kamu adalah bintang utama dalam wawancara ini! Kenali dengan baik apa yang kamu miliki: keahlian, pengalaman, dan pencapaian. Juga, pertimbangkan bagaimana kamu akan menghubungkan hal-hal tersebut dengan posisi yang kamu lamar. Poin pentingnya adalah menunjukkan bahwa Kamu adalah kandidat yang tepat.

2. Gali Informasi Perusahaan dan Posisi yang Dilamar

Jangan hanya menceritakan bahwa Kamu tertarik dengan perusahaan tersebut, tetapi buktikan! Cari tahu sebanyak mungkin tentang perusahaan, visi-misi, proyek-proyek terbaru, dan juga posisi yang akan Kamu isi. Ini akan membuatmu terlihat berkomitmen dan berdedikasi.

3. Latih Pertanyaan Umum Wawancara

Minta bantuan teman atau anggota keluarga untuk berperan sebagai pewawancara. Latihan ini akan membantu Kamu merasa lebih nyaman saat merespons pertanyaan secara lisan dan membuatmu lebih percaya diri saat menjawab.  Ada beberapa pertanyaan umum yang hampir selalu muncul dalam wawancara seperti “ceritakan tentang diri kamu” atau “apa kelebihan dan kelemahan kamu”.  

4. Perhatikan Pakaian dan Penampilan

Tidak bisa dipungkiri, penampilan adalah faktor pertama yang akan dinilai. Pilih pakaian yang sesuai dengan budaya perusahaan, dan pastikan Kamu merasa nyaman dengannya. Pakaian yang Kamu kenakan penting untuk memberikan kesan yang baik. Lebih baik memakai pakaian yang terlalu formal daripada terlalu santai.

5. Siapkan Pertanyaan Balik untuk Pewawancara

Di akhir wawancara, kamu akan ditanya apakah ada pertanyaan untuk pewawancara.  Kamu bisa menanyakan tentang peranmu, harapan tim, atau tantangan yang akan Kamu hadapi kedepannya. Ini akan menunjukkan minat dan ketertarikan mu terhadap posisi tersebut.

Panduan Saat Wawancara

Ketika Kamu sudah masuk dalam sesi wawancara, ada beberapa hal yang Kamu perlu perhatikan untuk mengesankan pewawancara.

1. Persiapan Teknis (Wawancara Online)

Jika Kamu menghadapi wawancara secara online, pastikan bahwa perangkat, koneksi internet, dan perangkat lunak yang Kamu gunakan berfungsi dengan baik. Uji coba teknologi sebelum wawancara untuk menghindari masalah teknis.

2. Pilih Suasana yang Tenang dan Profesional

Jika Kamu melakukan wawancara secara online, pastikan Kamu berada di tempat yang tenang dan bebas dari gangguan. Perhatikan latar belakang Kamu agar terlihat profesional dan tidak mengganggu.

3. Gunakan Bahasa Tubuh yang Positif

Baik Kamu wawancara secara online maupun offline, bahasa tubuh Kamu memberikan kesan yang kuat. Pertahankan kontak mata, postur tubuh yang tegap, dan senyuman yang ramah.

4. Dengarkan Pertanyaan dengan Cermat

Mendengarkan pertanyaan dengan seksama adalah kunci untuk memberikan jawaban yang relevan. Jika Kamu tidak yakin tentang pertanyaan yang diajukan, minta klarifikasi sebelum Kamu menjawab.

5. Berbicara dengan Tegas, Jelas dan Tenang

Berbicaralah dengan jelas dan dalam kecepatan yang wajar. Hindari berbicara terlalu cepat atau terlalu lambat. Jika Kamu memerlukan waktu sejenak untuk merumuskan jawaban, minta waktu.

Baca juga : Cara Membuat Portofolio di HP, Gratis!

Panduan Setelah Wawancara

Setelah wawancara selesai, Kamu masih memiliki tanggung jawab untuk menindaklanjuti dan mengevaluasi. Berikut adalah beberapa tips untuk tindakan setelah wawancara:

1. Kirimkan Email Terima Kasih

Setelah wawancara, kirimkan email terima kasih kepada pewawancara sebagai tanda penghargaan atas kesempatan yang diberikan. Ini juga dapat memberikan kesan baik kepada pewawancara.

2. Evaluasi Performa Kamu

Tinjau kembali performamu dalam wawancara. Identifikasi apa yang Kamu lakukan dengan baik dan apa yang mungkin perlu ditingkatkan di masa mendatang

3. Tetap Produktif dalam Pencarian Kerja

Jangan berhenti mencari peluang pekerjaan lainnya. Ini membantu mengurangi tekanan dan membuat Kamu tetap proaktif. 

4. Kirim Pesan Tindak Lanjut

Jika dalam beberapa waktu Kamu belum mendapatkan respons, jangan ragu untuk mengirim pesan tindak lanjut. Ini menunjukkan Kamu tetap tertarik dan berkomitmen terhadap posisi tersebut.

5. Tetaplah Bersemangat

Apapun hasilnya, tetaplah menjaga semangat positif. Setiap wawancara adalah pengalaman berharga yang bisa Kamu gunakan untuk meningkatkan diri. Jangan biarkan kegagalan menghalangi langkahmu menuju kesuksesan.

Baca juga : Intip Bootcamp yang Bikin Kamu Jago Tech Skill dan Siap Kerja!

Bergabunglah dengan Bootcamp di Startup Campus

Jika Kamu ingin meningkatkan keterampilan dan pengetahuan lebih lanjut dalam persiapan kerja, kamu bisa bergabung dengan bootcamp di Startup Campus. Bootcamp ini akan memberikan pelatihan intensif dan persiapan yang mendalam untuk memasuki dunia kerja. Dengan pengajaran langsung dari praktisi industri, Kamu akan mendapatkan wawasan yang berharga dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses di berbagai bidang.

Picture of halima tussadiah

Bagikan Artikel

Subscribe
Notify of
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

I don’t think the title of your article matches the content lol. Just kidding, mainly because I had some doubts after reading the article.

Dang k'y binance

Your article helped me a lot, is there any more related content? Thanks!

2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x