Top 8 AI Tools Bikin Kerja UI/UX Designer 5x Lebih Cepat

Contents

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) telah membawa dampak besar pada berbagai sektor, termasuk dalam bidang design User Interface (UI) dan User Experience (UX).  Dengan memanfaatkan berbagai tools AI, seorang UI/UX designer dapat menciptakan desain yang lebih baik dan menghemat waktu secara signifikan. 

Nah, jika kamu  tertarik, yuk simak lebih lanjut tentang Top 8 AI Tools yang bisa mempercepat kinerja designer UI/UX hingga 5 kali lipat!

Baca juga :10 Web AI Gratis Yang Bisa Membantu Pekerjaan Sehari-hari!

1. Qoqo, Buat User Persona dan User Journey Map Instan!

Qoqo, Buat User Persona dan User Journey Map Instan!

AI tools  yang pertama yaitu Qoqo. AI ini dapat membantu para desainer untuk dapat membuat user persona dan user journey map secara instan.

Saat ingin membuat user persona kamu hanya perlu memasukkan keyword pada kolom persona terkait keterangan status, umur, dan domisili. Kemudian pada bagian context kamu bisa mengisi konteks terkait apa yang akan kamu buat dalam persona. 

Sebagai contohnya pada bagian kolom persona masukkan keyword “A 25 year old university student”, dan pada kolom context masukkan keyword “trying to find a job quickly” lalu klik generate

AI akan langsung menampilkan user persona lengkap dengan goals, needs, motivation, frustrations, tasks, dan opportunities. Sama halnya dengan membuat user persona, saat membuat user journey map  kamu hanya perlu mengisi persona dan skenarionya, maka AI akan menampilkan semua fase yang dilalui pada user journey map.

2. Claid, Ganti Background Secara Instan!

Claid, Ganti Background Secara Instan!

Claid bisa membantu kamu untuk menghilangkan background pada foto sebuah produk, kemudian kamu bisa menggantinya dengan background lain secara instan. 

Caranya yaitu dengan remove background foto produk kamu, klik replace it, lalu pilih background mana yang cocok dengan produkmu.

3. Cleanup Pictures, Bersihkan Objek Foto Secara Instan!

 Cleanup Pictures, Bersihkan Objek Foto Secara Instan!

Berbeda dengan remove background, Cleanup Pictures akan membantu kamu untuk menghilangkan objek yang tidak diinginkan pada sebuah foto. 

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu submit foto yang diinginkan lalu pilih area yang ingin kamu hilangkan objeknya.

4. Attention Insight, Prediksi Kebiasaan User Kamu!

Attention Insight, Prediksi Kebiasaan User Kamu!

Attention Insight dapat memprediksi dimana user akan fokus pertama kali ketika melihat desain web atau aplikasi yang kita buat.

Alat ini menganalisis tata letak desain dan memprediksi elemen mana yang akan mendapatkan perhatian paling besar dari pengguna berdasarkan heat maps.

5. Adobe Firefly, Ubah Text Menjadi Gambar!

Adobe Firefly, Ubah Text Menjadi Gambar!

Adobe Firefly merupakan integrasi teknologi AI dari Adobe ke produk layanannya. Adobe Firefly memiliki kemampuan mengkonversi perintah berupa teks ke dalam bentuk gambar. 

Sederhananya cara kerja Adobe Firefly mirip dengan ChatGPT, namun perbedaannya adalah Adobe Firefly memiliki kemampuan mengubah teks menjadi gambar. 

Selain itu Adobe Firefly memiliki fitur yang dapat memberikan opsi untuk mengubah sketsa menjadi vektor. Dengan Adobe Firefly kamu juga dapat mengubah suasana dan cuaca dari sebuah video dengan instan. 

6. Uizard, Ubah Wireframe Jadi Design Instan!

Uizard, Ubah Wireframe Jadi Design Instan!

Uizard merupakan AI tools dengan banyak kemampuan. Kamu dapat mengubah wireframe menjadi sebuah desain secara instan, dan sebaliknya kamu juga dapat mengubah desainmu menjadi low fidelity atau wireframe. 

Selain itu Uizard memiliki kemampuan untuk dapat mengkonversi tangkapan layar menjadi desain yang editable. Untuk kamu yang baru memulai sebagai seorang UI designer, kamu bisa memanfaatkan tools ini untuk mempelajari spacing, visual hirarki, layout dsb. 

Uizard juga memiliki manfaat lain seperti menampilkan heat map, dan teks asisten untuk membantu menulis dengan baik pada proyek yang sedang kamu kerjakan. 

7. Booth AI, Product Placement Secara Instan!

Booth AI, Product Placement Secara Instan!

Booth AI sangat membantu apabila kamu memiliki proyek yang berhubungan dengan suatu produk. 

Kamu dapat meminta Booth AI untuk menerapkan sebuah produk kedalam foto, dalam istilah lain kamu bisa mengupload produkmu untuk meminta bagaimana jika produk itu digunakan.

8. Color Magic, Buat Color Palette untuk Design System Kamu!

Color Magic, Buat Color Palette untuk Design System Kamu!

Color Magic sangat berguna untuk kamu ketika ingin membuat color palette pada design system yang cocok dengan produkmu. Kamu hanya perlu memasukkan keyword yang menggambarkan produkmu kemudian Color Magic akan menampilkan warna yang sesuai dengan keyword yang dimasukkan tadi. 

Baca Juga : Bootcamp adalah Solusi Tepat untuk Belajar IT yang Menyenangkan!

Jadi, tools AI mana nih yang akan sering kamu gunakan saat mengerjakan proyek desain UI/UX? Semoga informasi tadi membantu ya! Jangan puas sampai di sini ya, terus gali ilmumu tentang UI/UX dengan memperbanyak sumber belajar. 

Apalagi kalau UI/UX designer menjadi salah satu pekerjaan impianmu, kamu perlu rajin mengikuti pelatihan untuk mengasah keahlianmu, salah satunya dengan ikut public bootcamp trek UI/UX Design di Startup Campus

Jadi, bersiaplah dan kembangkan potensimu dengan bergabung di trek UI/UX Design Startup Campus!

Penulis: Diajeng Salsabila Kautsar

Editor : Startup Campus

Startup Campus

Bagikan Artikel

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Thank you for your sharing. I am worried that I lack creative ideas. It is your article that makes me full of hope. Thank you. But, I have a question, can you help me?

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x