Diskon Bootcamp di Startup Campus

Untuk Kesuksesan Produk, Product Manager Harus Ahli di Semua Bidang?

Contents

STARTUPCAMPUS.ID– Product manager ialah posisi pekerjaan yang mengemban tanggung jawab atas pengembangan dan keberhasilan sebuah produk. Mengulas product manager yang menjadi salah satu pekerjaan dengan pendapatan besar, posisi ini tidak lepas dari 3 hal penting yang harus kamu ketahui. Yup, peranan dan kemampuan yang diperlukan product manager untuk kesuksesan produk. Seberapa penting sih peranan product manager dalam proses produksi? Apa benar product manager harus mumpuni di semua bidang? Mari kita cari tahu sekarang!

Besarnya pendapatan seorang product manager nyatanya menunjukkan posisi ini memiliki peran yang cukup besar. Peranan penting product manager sendiri dalam menyukseskan peluncuran dan pengembangan produk dapat mencakup hal-hal di bawah ini : 

1. Bertanggung jawab penuh atas kesuksesan produk.

Untuk memastikan kesuksesan produk, product manager harus benar-benar mematangkan perancangan, memonitor perkembangan produk, dan secara tanggap mengevaluasi untuk peningkatan dan perbaikan. Maka dari itu, seorang product manager harus pakem mengenai :

  • strategi roadmap suatu produk, 
  • detail produk, 
  • proses sinergi antar tim, 
  • output penjualan produk 
  • kekurangan produk dan solusinya

Adanya proses sinergi tersebut menuntut seorang product manager untuk bisa memahami bisnis dasar, desain UX, pengalaman pengguna, dan berbagai area lainnya. Misalnya dengan memahami bisnis dasar, maka product manager dapat membaca kondisi perusahaan yang dapat mempengaruhi perkembangan produk. Pemahaman mengenai desain UX juga penting, karena hal ini akan membantu product manager dalam mengukur kesuksesan dan mempermudah koordinasi dengan ahli UX.

2. Terlibat dalam penghasilan pendapatan perusahaan

Product manager secara langsung terlibat sebagai pengendali dan penguasa produk yang dapat menghasilkan pendapatan dan keuntungan perusahaan. Apabila dia tidak berada di bagian penciptaan produk, maka product manager berperan penting sebagai pendukung utama keberhasilan pekerjaan yang secara langsung menghasilkan pendapatan. Karena keterlibatan utamanya dalam mendorong pendapatan perusahaan, maka seorang product manager harus menjadi jembatan antara UX, technology, business, dan customer. 

3. Berperan penuh dari keseluruhan proses pengembangan produk

Karena perannya dari awal penciptaan produk hingga pengembangan produk, maka product manager harus benar-benar memahami produk yang diluncurkan. Pemahaman produk membutuhkan keahlian untuk memahami pasar, membaca data, berpikir strategis, hingga bertindak solutif dan tegas. Memahami pasar berarti product manager harus peka akan tren, mampu mengatur dan memonitor index performa. Pertimbangan pengaturan index performa umumnya mencakup :

  • biaya akuisisi pelanggan
  • tingkat konversi pelanggan 
  • pengguna aktif harian 
  • penggunaan fitur 
  • churn pengguna
  • Skor Net Promoter
  • kepuasan pelanggan
  • nilai umur pelanggan

Product manager harus bisa menampung umpan balik pelanggan hingga menghasilkan product-market-fit*. Selain itu, kemampuan menafsirkan data juga diperlukan oleh product manager dalam mengambil keputusan yang harus dikuatkan dengan data-data yang berkaitan. Umpan balik pelanggan, tren, dan pengukuran dalam index performa tersebut menjadi data penting bagi product manager untuk meningkatkan kualitas produknya.

Untuk mewujudkan realisasi produk secara optimal, product manager perlu memanfaatkan data-data yang terukur dalam mengaplikasikan kemampuan berikut :

  • Berpikir strategis dan kritis untuk merancang visi, 
  • Memprediksi kemajuan, 
  • Mengatur perkembangan produk secara efektif dan efisien 
  • Berkoordinasi dengan tim dan Bernegosiasi
  • Storytelling dan pengambilan keputusan secara tegas

Alih-alih melihatnya sebagai sebuah halangan, posisi ini justru membawa kita untuk meningkatkan kualitas kita sebagai pengendali produk yang ahli dan berorientasi pada keberhasilan bersama tim. Ingat, product manager juga tetap manusia yang memiliki kelemahan, jadi walaupun posisi ini membuat kita memahami berbagai area secara lebih luas, namun pastinya product manager tetap memerlukan tim lainnya yang ahli dan dapat membantunya mewujudkan kesuksesan produk. Nah, dari ulasan di atas, yang mana nih kemampuan yang masih harus kamu asah untuk menjadi seorang product manager? Semangat mengasah kemampuan untuk menjadi product manager, ya!

*Product Market-Fit = fase adanya pembelian, penggunaan produk atau layanan, pengulangan pembelian, hingga mempengaruhi masyarakat luas mengenai produk secara masif.

Picture of Startup Campus

Bagikan Artikel

Subscribe
Notify of
3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Halimah Tussadiah

Artikel nya insightful banget

xch usdt

Very nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I’ve really enjoyed browsing your blog posts. In any case I’ll be subscribing to your feed and I hope you write again soon!

Binance Referral Code

Your point of view caught my eye and was very interesting. Thanks. I have a question for you.

3
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x