Promo bootcamp buy 1 get 2

10 Ide Proyek Data Science Untuk Pemula

Contents

Data Science menjadi banyak incaran orang untuk berkarier saat ini. Namun ketika harus membuat project, tak sedikit yang bingung harus mulai dari mana. Topik-topik data science terkesan menakutkan dan jauh dari bahasan sehari-hari. Padahal ada banyak topik yang bisa dikaitkan dengan keseharian kita, sehingga relevan jika dijadikan project.

Baca juga : Kursus Data Science Bagi Karyawan “Non Data”

Berikut adalah 10 ide proyek data science yang cocok untuk pemula:

1. Analisis Data Iris

Dataset klasik ini berisi informasi tentang Iris Flower Data Set dan dapat digunakan untuk mempelajari klasifikasi machine learning.

2. Prediksi Harga Rumah

Isu Tapera, KPR, dan mahalnya harga rumah bisa banget dikulik. Gunakan data harga NJOP setempat, harga developer rumah, dan bunga bank untuk memprediksi harga rumah di suatu wilayah.

3. Rekomendasi Film

 Suka nonton Netflix atau Disney+ Hotstar? Bikin sistem rekomendasi film yang menggunakan data rating pengguna dan informasi film.

4. Analisis Sentimen Media Sosial

 Sering ketemu warga X yang berantem? Analisis sentimen tweet atau postingan media sosial lainnya untuk memahami opini publik tentang suatu topik.

Baca juga : Menjadi Data Scientist dalam 3 bulan, Mungkin Gak Sih?

5. Deteksi Penipuan Kartu Kredit

Gunakan data transaksi kartu kredit untuk mengidentifikasi transaksi penipuan. Bagi yang suka capek ditelponin orang bank padahal bukan, ini saatnya..

6. Prediksi Permintaan Produk

Kamu pengusaha? Atau sering berjualan UMKM di rumah? Gunakan data penjualan untuk memprediksi permintaan produk di masa depan.

7. Klasifikasi Spam Email

Capek dispam konten email yang kadang gak relevan? Buat filter spam email menggunakan data email dan teknik machine learning.

8. Analisis Performa Website

Nah bagi anak SEO atau SEM, bisa jadi nilai plus kalo punya data ini. Analisis data traffic website untuk memahami bagaimana pengunjung berinteraksi dengan website kamu.

9. Deteksi Anomali Jaringan

Bagi yang suka pakai WIFI di kafe, hati-hati datanya bocor. Gunakan data jaringan untuk mendeteksi aktivitas abnormal yang mungkin mengindikasikan hacker.

10. Visualisasi Data Penyakit

Baca juga: Data Scientist Pekerjaan Paling Bikin Stres

Kerja di bidang kesehatan? Atau cukup concern tentang isu penyakit menular? Buat visualisasi data yang menarik untuk melacak penyebaran COVID-19, pencapaian angka vaksinasi, atau gimana perkembangan angka stunting akhir-akhir ini.

Wah ternyata banyak topik seru data science yang bisa dijadikan project oleh kamu saat awal belajar tentang Data Science. Lebih lanjut tentang Data Science, kamu bisa cari tau teori Data Science dari ahlinya, speaker level global yang saat ini bekerja di Singapura yaitu Ainun Najib.

Mas Ainun fokus di Data Science sejak belasan tahun lalu. Beliau kini menjadi konsultan akademik di Startup Campus sekaligus pembicara untuk kelas-kelas di Startup Campus.

Jika tertarik untuk belajar data science dan dimentoring langsung oleh praktisi data berpengalaman bisa daftar bootcamp data science di Startup Campus. 

Picture of Startup Campus

Bagikan Artikel

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x