Promo bootcamp buy 1 get 2

10 Tools AI yang Harus Dikuasai di Tahun 2024

Contents

Dunia kecerdasan buatan atau AI makin berkembang pesat. Kayaknya hampir gak ada industri yang saat ini gak menghadirkan AI di fitur produknya. Dari industri pertanian dengan fitur AI yang mampu memfilter produk berkualitas, hingga industri musik dengan fitur AI yang mampu menghadirkan playlist sesuai algoritma

AI pun semakin banyak digunakan untuk membantu kerja manusia di balik layar. Tools AI pun menjadi skill yang harus dikuasai agar bisa tetap bisa terhubung dengan berbagai perkembangan zaman. Skill ini tentunya bisa memudahkanmu dalam bekerja maupun mencari pekerjaan.

Baca juga : 10 Web AI Gratis Yang Bisa Membantu Pekerjaan Sehari-hari!

Berikut 10 Tools AI yang Harus Dikuasai di Tahun 2024

1. OpenAI ChatGPT

Interface OpenAI ChatGPT

Model bahasa besar (LLM) yang menghasilkan teks berkualitas manusia dalam berbagai format, seperti puisi, kode, skrip, karya musik, email, surat, dll. Kamu harus bisa menggunakan prompt yang spesifik dan unik untuk menghasilkan output yang berbeda dan sesuai keinginanmu.

2. Gemini

Interface Gemini

LLM dari Google AI yang dapat menjawab pertanyaanmu dengan cara yang informatif, bahkan jika pertanyaan itu terbuka, menantang, atau aneh. Mirip dengan ChatGPT, kamu juga harus menggunakan prompt yang unik.

3. DeepMind DALL-E 2

Interface DeepMind DALL-E 2

 Alat pembuatan gambar AI yang memungkinkan kamu membuat gambar dari teks deskriptif. Sering liat kan poster-poster lucu yang dibuat dari AI?

Baca juga : 13 Perusahaan AI di Indonesia yang paling menginspirasi!

4. Google AI Imagen

Interface Google AI Imagen

Alat pembuatan gambar AI yang bersaing dengan DALL-E 2, menawarkan fitur-fitur seperti gambar yang lebih realistis dan kontrol yang lebih baik atas hasil. Nah contohnya adalah filter All Eyes on Rafah yang beberapa waktu lalu viral.

5. Microsoft VALL-E

Interface Microsoft VALL-E

Model percakapan AI yang dapat berdialog dengan kamu dengan cara yang realistis dan menarik. Tools ini memungkinkan kamu punya teman diskusi dan asisten pribadi.

6. Replika

intergace Replika

Chatbot AI yang dirancang untuk menjadi teman dan memberikan dukungan emosional. Sering ngerasa sendirian saat bekerja? Tools ini membantu kamu lebih bersemangat kerja karena bisa ngobrol dengan memberi afeksi ke perasaan kamu.

7. Runway ML

Interface Runway ML

Platform AI yang memungkinkan kamu membuat dan menjalankan aplikasi AI tanpa perlu menulis kode. Nah ini yang katanya akan menggantikan peran software engineer. Padahal ya tetep aja, prompt untuk menjalankan AI nya butuh dari software engineer.

8. Hugging Face

Interface Hugging Face

Platform open-source untuk model AI, dataset, dan alat lainnya. Tools ini memungkinkan kamu mengenal machine learning lebih jauh, mengolah data dengan pemodelan yang bervariasi.

9. AI21 Studio

Interface AI21 Studio

 Platform pengembangan AI yang memungkinkan Anda membuat aplikasi AI tanpa perlu keahlian coding. Mirip dengan Runway ML, hanya saja beda pengembang. 

10. IBM Watson

Interface IBM Watson

Baca juga : 9 Bootcamp Terbaik di Indonesia 2024

Platform AI komprehensif yang menawarkan berbagai layanan, seperti Natural Language Process dan Machine Learning. Ini adalah produk AI milik IBM yang memiliki tools terlengkap.

Selain 10 tools ini, masih banyak tools lain yang bisa dikuasai. Tapi pastikan kita menggunakannya dengan bijak. Caranya:

1. Gunakan dengan bijak.

Jangan sampai kita ketergantungan dengan AI, terus lupa cara mengerjakan tugas tanpa AI. Ingat, AI hanya tools “kecerdasan buatan”. Yang terpenting otak kita sebagai manusia harus cerdas juga.

2. ATM (Amati, tiru, modifikasi)

Kita boleh dibantu AI, tapi jangan plek-ketiplek dicopy-paste sehingga tidak terlihat signature kita sebagai manusia.

3. Level up AI

Belajar membuat toolsnya. Jangan berhenti menjadi “pengguna” aja, kita juga bisa lho jadi pembuat toolsnya. Supaya kita bisa meningkatkan value kita sendiri di karier.

Bagaimana caranya mempelajari AI yang bisa membantu pekerjaan kita sehari-hari? Apalagi di pekerjaan yang industrinya cukup jauh dari kata teknologi? Nah teman-teman bisa belajar di Bootcamp Artificial Intelligence  Startup Campus. Khusus buat kamu yang membaca artikel ini kami akan memberikan harga spesial. Yuk daftar public bootcamp sekarang!

Picture of Startup Campus

Bagikan Artikel

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x