Diskon Bootcamp di Startup Campus

9 Bootcamp Terbaik di Indonesia 2024

Contents

Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, persaingan di dunia kerja semakin ketat. Untuk bersaing dan unggul di pasar tenaga kerja yang kompetitif ini, banyak orang mencari cara untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Salah satu cara yang paling efektif dan efisien yaitu dengan mengikuti bootcamp. Buat kamu yang bingung memilih bootcamp mana yang harus diikuti, kami telah mengumpulkan rekomendasi 9 bootcamp terbaik di Indonesia untuk tahun 2024 yang bisa kamu pertimbangkan, yuk simak selengkapnya !

Sebelum kamu mengetahui lebih detail tentang 9 bootcamp terbaik di Indonesia, akan lebih baik kamu memahami lebih dalam tentang apa itu bootcamp. 

Baca juga : Intip Bootcamp yang Bikin Kamu Jago Tech Skill dan Siap Kerja!

Apa itu bootcamp ?

Bootcamp, istilah ini mungkin terdengar asing bagi beberapa orang, namun semakin populer dalam konteks pendidikan dan pengembangan karir. Jadi, apa sebenarnya bootcamp itu? 

Bootcamp adalah program pelatihan intensif yang dirancang untuk mengajarkan keterampilan tertentu dalam waktu yang relatif singkat.”  

Biasanya, bootcamp berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan, tergantung pada jenis program dan keterampilan yang diajarkan. Bootcamp dapat mencakup berbagai bidang, seperti pemrograman komputer, ilmu data, desain grafis, digital marketing, dan banyak lagi. Tujuan utama dari bootcamp adalah mempersiapkan peserta untuk dunia kerja dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang relevan.

Kenapa harus ikut bootcamp ?

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus mempertimbangkan untuk mengikuti bootcamp. Bootcamp menawarkan sejumlah manfaat yang sangat menggiurkan yaitu sebagai berikut :

1. Pembelajaran lebih terstruktur 

Salah satu keunggulan utama bootcamp adalah struktur pembelajarannya yang jelas. Kamu akan diberikan kurikulum yang telah dirancang dengan baik, sehingga kamu tahu apa yang harus dipelajari dan dalam urutan yang tepat. Ini membuat pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif.

2. Waktu yang Efisien

Dibandingkan dengan pendidikan formal yang sering memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan tahun, bootcamp seringkali berlangsung dalam waktu singkat, biasanya beberapa minggu hingga beberapa bulan. Hal ini memungkinkan kamu untuk segera mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan dan masuk ke pasar kerja lebih cepat.

3. Materi yang Relevan

Bootcamp umumnya dirancang untuk mengajarkan keterampilan yang sangat relevan dengan tuntutan pasar kerja saat ini. Ini berarti kamu akan mempelajari apa yang benar-benar kamu butuhkan untuk berhasil dalam kariermu.

4. Proyek Nyata 

Banyak bootcamp  memfasilitasi proyek-proyek praktis dan tugas-tugas yang memungkinkan kamu untuk mengaplikasikan pengetahuan yang kamu peroleh dalam dunia nyata. Hal ini membantu memperkuat pemahamanmu dan mempersiapkan kamu agar lebih terbiasa terhadap tantangan sehari-hari di tempat kerja.

5. Materi Terupdate 

Terutama dalam bidang teknologi, pengetahuan dan keterampilan bisa berubah dengan cepat. Bootcamp sering kali menawarkan materi yang selalu diperbarui sehingga kamu selalu mendapatkan pelajaran dengan materi terbaru.

6. Networking

Bootcamp seringkali memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan profesional di industri yang kamu minati. Ini akan membuka peluang untuk membangun jaringan, mendapatkan mentor, atau bahkan mempermudah kamu dalam mendapatkan tawaran pekerjaan.

Apa yang membedakan ikut bootcamp dan belajar mandiri ?

Ketika kamu belajar mandiri, kamu memiliki kendali penuh atas waktu dan materi yang kamu pelajari. Ini bisa menjadi pilihan yang baik jika kamu disiplin dan mampu mengatur jadwal belajar dengan baik.

Namun, belajar mandiri juga dapat memiliki beberapa kelemahan. Tanpa bimbingan atau struktur yang jelas, kamu mungkin merasa kebingungan tentang apa yang harus dipelajari, dan kamu mungkin cenderung merasa kurang termotivasi.

Di sisi lain, bootcamp menawarkan struktur yang jelas. Kamu akan diberi materi pembelajaran yang sudah disusun dengan baik, dan ada jadwal yang harus diikuti. Ini dapat membantu kamu tetap fokus dan termotivasi selama program berlangsung. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan bimbingan dari instruktur dan dapat berinteraksi dengan sesama peserta. Tentunya hal ini tidak akan kamu dapatkan jika kamu memilih belajar secara mandiri. 

Rekomendasi bootcamp terbaik di Indonesia 2024 

Sekarang, setelah kamu memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa itu bootcamp dan mengapa kamu harus mempertimbangkan untuk mengikutinya, mari kita lihat beberapa rekomendasi bootcamp terbaik di Indonesia untuk tahun 2024.  Perlu diingat bahwa dalam memilih bootcamp akan sangat bergantung pada tujuan belajarmu dan bidang yang kamu minati.

NoPenyedia  BootcampEstimasi Harga Program BootcampDurasi  
1Startup Campus Rp.199.000 – Rp.6.500.0001.Artificial Intelligence
2.Data Science
3.UI UX Design
3-4 bulan
2Revou Rp. 7.800.000 – Rp.30.000.000 1.Digital Marketing
2.Data Analytics 
3.Product Management 
4.Software Engineering 
3 – 9 bulan 
3Purwadhika Rp.24.975.0001.Data Science & Machine Learning 
2.UI/UX Design 
3.Fullstack Web Development
4.Visual Design 
5.Digital Marketing
6.Product Management 
3 – 4 bulan
4Hacktiv8 Rp.20.000.000 – Rp.40.000.0001.Full Stack JavaScript Immersive
2.Data Science & Data Analyst
3.Performance Marketing
4.Bootcamp Back End Golang
5.UI/UX Designer 
2 – 4 bulan
5Pacmann AcademyRp.14.500.0001.Data Analytics 
2.Data Science
3.AI Engineering
4.Data Engineering
10-18 bulan
6Dibimbing.idRp.7.999.000 –  Rp.21.999.0001.Data Science
2.Product & Project Management  
3.UIUX/Product Design  
4.Digital Marketing  
4.5-6 bulan
7Binar Academy Rp.5.499.000 – Rp.7.999.0001.Digital Marketing
2.Back End Engineering 
3.UI/UX Design 
4.Full-stack website development
5.Dll. 
4 bulan
8Impact ByteRp.5.000.000- Rp.25.000.000 1. Full Stack Web Development
2.Build Web Application with Go Android Development in Kotlin for Beginner
3. Part Time React Native Class 
4. Full Stack Web Development
5. Beginner Front End Web Development
2-3 bulan
9Harisenin.comRp.4.000.000 -Rp.7.000.0001. Full-stack Web Developer
2. Human Resources
3. Big 4 Auditor & Financial Analyst 
4. Digital Marketer 
5. UI/UX Design & Product Management 
3-4 bulan 
Rekomendasi 9 bootcamp terbaik di Indonesia 2024

1. Startup Campus 

bootcamp terbaik di indonesia di startup campus

Startup Campus, didirikan pada tahun 2021 oleh Maryati Baharuddin, adalah bootcamp digital dengan konsep unik. Mereka menawarkan program intensif dengan pilihan bidang digital Data Science, Artificial Intelligence, dan UI/UX Design, dengan harga yang sangat terjangkau tapi tetap mengutamakan kualitas, Startup Campus memberikan kesempatan untuk belajar langsung dari para pakar berpengalaman, seperti Ainun Najib dengan lebih dari 17 tahun pengalaman di bidang data dan teknologi, serta Nolang Dr. Nolang Fanani, ahli computer vision algorithms dan machine learning applications dengan lebih dari 10 tahun pengalaman di bidang AI dan bekerja di Hyundai Mobis Part Europe Jerman.

Mereka juga menyediakan program gratis untuk Studi Independen bagi mahasiswa dan kelas Public Bootcamp dengan harga mulai dari Rp. 599.000 saja untuk masyarakat umum. Reputasi Startup Campus sudah terbukti dengan Net Promoter Score (NPS) yang sangat tinggi, yaitu 9.3/10, dan pengakuan internasional sebagai “One Of The Most Innovative Edtechs in Asia Pacific” dari AWS EdTech pada tahun 2022. Dengan fasilitas lengkap dan program yang dirancang untuk berbagai kalangan, termasuk pemula dari latar belakang pendidikan apapun, Startup Campus adalah pilihan terbaik untuk mengembangkan keterampilan digital yang siap digunakan di dunia kerja.

2. Revou 

landing page bootcamp revou

Revou, didirikan pada tahun 2019  oleh Matteo Sutto, mantan petinggi di Zalora dan iPrice Group, sebagai wadah percepatan karier bagi  siapa pun yang memiliki motivasi belajar yang tinggi, tanpa memandang latar belakang, tingkat pendidikan, atau pengalaman karier sebelumnya.

 Ada lima keterampilan yang dapat dipilih di Revou yaitu, termasuk Digital Marketing, Data Analytics, Product Management, Software Engineering, dan Manager Academy, dengan harga sekitar  Rp. 7.800.000 hingga Rp. 30.000.000. Program-program yang ditawarkan oleh Revou juga memberikan peluang untuk berkonsultasi dengan tutor, membangun portofolio, mendapatkan bimbingan karir, dan bahkan menawarkan jaminan uang kembali jika setelah menyelesaikan program tersebut kamu tidak berhasil mendapatkan pekerjaan.

3. Purwadhika 

landing page bootcamp purwadhika

Purwadhika paling terkenal dengan bootcamp codingnya, didirikan pertama kali oleh Purwa Hartono pada tahun 1987. Lembaga ini berlokasi di BSD dan telah membuka cabang di berbagai wilayah di Indonesia.  Purwadhika menawarkan berbagai program kelas, baik secara online maupun offline, yang mencakup topik seperti Data Science & Machine Learning, UI/UX Design, Fullstack Web Development, Visual Design, Digital Marketing, dan Product Management. Durasi belajar untuk program-program ini berlangsung selama 3-4 bulan dengan biaya sekitar 24.975.000 rupiah. Keuntungan yang mereka tawarkan termasuk kurikulum berbasis industri, pembelajaran intensif dengan pengajar berpengalaman, dan koneksi langsung dengan mitra perusahaan setelah lulus.

4. Hacktiv8 

landing page bootcamp hacktiv8

Hacktiv8 adalah sebuah sekolah digital berbentuk bootcamp yang didirikan pada tahun 2016 oleh Ronald Ishak dan Riza Fahmi. Sekolah ini bertujuan untuk melatih programmer dan talenta digital yang siap untuk berkontribusi dalam pertumbuhan teknologi dan ekonomi di Indonesia. Sama seperti Purwadhika, Hactiv8 juga paling terkenal dengan bootcamp codingnya. 

Hacktiv8 menawarkan empat program berbeda, yaitu program bootcamp dengan pilihan bidang Full Stack JavaScript Immersive, Data Science & Data Analyst, Performance Marketing, Bootcamp Back End Golang, dan UI/UX Designer. Selain itu, mereka juga menyediakan program pengembangan profesional seperti Web Developer Program, Python for Data Science, React & React Native Basic, Web Service with Golang, Fundamental UI/UX Design, Product Owner, Agile Scrum, dan Fundamental Data Engineering. Untuk pengembangan eksekutif, Hacktiv8 juga menawarkan kelas-kelas seperti Project Management dan Digital Leadership Program. Harga yang ditawarkan untuk kelas-kelas ini adalah sekitar Rp. 40.000.000, dengan opsi pembayaran cicilan 0% dan metode “study now, pay later.”

5. Pacmann Academy

landing page bootcamp pacman academy

Pacmann Academy awalnya adalah sebuah startup riset yang fokus pada pengembangan algoritma machine learning dengan CEO Adityo Sanjaya. Mereka pertama kali membuka kelas Machine Learning dan Statistics pertama pada tahun 2017. Saat ini, Pacman Academy menyediakan beragam program bootcamp yang mencakup berbagai bidang, termasuk Data Analytics, Data Science, AI Engineering, dan Data Engineering. Biaya programnya yaitu sekitar Rp. 14.500.000 dengan durasi belajar yang berlangsung selama 10-18 bulan. Manfaat yang ditawarkan termasuk tutor dan mentoring satu-satu, kurikulum yang mendalam, dan dukungan percepatan keterampilan. 

6. Dibimbing.id 

landing page bootcamp dibimbing.id

Dibimbing.id merupakan platform bootcamp digital skills yang didirikan oleh Zaky Muhammad Syah (CEO), Alim Anggono (CPO), dan Wildan Fahmi Gunawan (CTO) pada tahun 2020. Mereka menawarkan program bootcamp di bidang Data Science, Product & Project Management,  UIUX/Product Design, Digital Marketing  dengan durasi 4.5 – 6 bulan dengan biaya sekitar Rp.7.999.000 – Rp.21.999.000. Keunggulan dibimbing yaitu pengalaman belajar yang cocok untuk fresh graduate dan professional dengan bimbingan mentor berpengalaman, kelas persiapan karir, hingga program penyaluran kerja bergaransi.

7. Binar Academy 

landing page bootcamp binar academy

Binar Academy, didirikan pada tahun 2017 oleh Alamanda Shantika, mantan VP Technology and Product Gojek, menyediakan pelatihan di berbagai bidang, seperti Digital Marketing, Back End Engineering, UI/UX Design, dan Full-stack Website Development. Harga kelasnya berkisar dari Rp. 5.499.000 hingga Rp. 7.999.000 dengan durasi belajar sekitar 4 bulan.  Manfaat yang ditawarkan oleh Binar Academy adalah pendekatan praktis mereka dengan pembelajaran mandiri berdasarkan proyek nyata. Dengan fleksibilitas dalam jadwal kelas, kamu juga bisa berdiskusi dengan fasilitator berpengalaman.

8. Impact Byte 

landing page bootcamp impact byte

Impact Byte, yang didirikan pada tahun 2017 oleh William Hendradjaja dan Muhammad Haidar Hanif, adalah tempat yang tepat bagi siapapun yang ingin memulai karier sebagai programmer. Mereka menawarkan program full-time Full Stack Web Development selama 14 minggu, serta program part-time seperti Build Web Application, Android Development, React Native Class, UI/UX Design Class, dan Beginner Front End Web Development dengan harga sekitar  Rp. 5.000.000 hingga Rp. 25.000.000. Pilihan pembayaran di Impact Byte sangat beragam, termasuk metode cicilan dan Income Share Agreement. Mereka juga memberikan beasiswa potongan 20% untuk perempuan dan penyandang disabilitas yang ingin mengikuti program Full Stack Web Development.

9. Harisenin.com

landing page bootcamp harisenin.com

Harisenin.com, yang didirikan pada tahun 2020 oleh Mirza Saputra, Kezia Manege, Dyo Rahman, dan Dan Irfan, adalah platform Belajar online yang menawarkan education-to-employment program untuk profesi yang paling banyak dibutuhkan saat ini. Mereka menawarkan berbagai pelatihan bootcamp, mulai dari Full-stack Web Development, Human Resources, Big 4 Auditor & Financial Analyst, Digital Marketer, hingga UI/UX Design & Product Management dengan harga berkisar dari Rp. 4.000.000 hingga Rp. 7.000.000. Harisenin.com juga menawarkan akses ke komunitas yang besar dan layanan koneksi pekerjaan untuk talenta lulusan mereka.

Baca juga: Rekomendasi Pelatihan Prakerja yang Mudah dan Cepat Selesai 2023 

Setelah kita mengetahui 9 bootcamp terbaik di Indonesia 2024, tentunya setiap penyedia bootcamp memiliki keunggulan tersendiri. Agar tidak salah pilih, kalian harus meyakinkan niat untuk memutuskan dimana akan mengikuti bootcamp tersebut dengan mempertimbangkan minat, waktu, dan biaya yang dimiliki. 

Saya menyarankan bagi kalian pemula dengan modal terbatas tetapi ingin mengikuti bootcamp yang berkualitas, kalian dapat memilih ikut bootcamp Startup Campus

Banyak benefit yang bisa kalian dapatkan, seperti harga yang sangat terjangkau, kurikulum ter-update, belajar langsung dari speaker level internasional, dan benar-benar dibantu sampai mendapatkan pekerjaan merupakan salah satu bukti bahwa bootcamp di Startup Campus memiliki kualitas yang tinggi dan merupakan pilihan yang tepat untuk dipilih.

Yuk, mulai karier impianmu dengan ikut bootcamp berkualitas hanya di Startup Campus! klik linknya disini!

Picture of halima tussadiah

Bagikan Artikel

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Thanks for sharing. I read many of your blog posts, cool, your blog is very good.

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x