Diskon Bootcamp di Startup Campus

7 Tips Apply Kerja di JobStreet, Auto Dipanggil Wawancara!

Contents

JobStreet merupakan salah satu platform pencarian pekerjaan yang sangat populer dan terpercaya di Indonesia. Hingga saat ini, JobStreet sudah berhasil menghubungkan jutaan pencari kerja dengan beragam perusahaan yang ada di wilayah Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, hingga Vietnam. 

Namun, seiring dengan popularitasnya, persaingan mendapatkan pekerjaan di JobStreet juga semakin tinggi. Untuk berhasil mendapatkan pekerjaan yang diidamkan, kamu perlu memiliki strategi yang efektif dalam memaksimalkan penggunaan platform ini. 

Melalui artikel ini, kami memberikan 7 Tips Apply Kerja di JobStreet yang dapat membuatmu lebih mudah dipanggil wawancara hingga diterima kerja di perusahaan impian. Yuk simak selengkapnya!.

Baca  juga: Intip Bootcamp yang Bikin Kamu Jago Tech Skill dan Siap Kerja!

7 Tips Apply Kerja di JobStreet 

1. Membuat Profil yang Menarik 

Buatlah kesan pertama yang tak terlupakan dengan mengunggah foto yang memiliki tampilan baik, sopan, dan memancarkan sikap profesional. Hindari foto yang terlalu casual atau tidak tepat untuk lingkungan kerja. Selain itu, lengkapkan informasi profil, termasuk pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, dan pencapaian yang relevan. Jika ada kriteria khusus atau keahlian yang mereka cari, pastikan untuk menekankan hal tersebut dalam profilmu. Hal ini akan menunjukkan komitmenmu untuk memenuhi persyaratan perusahaan.

2. Mencantumkan resume yang relevan 

Resume yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar adalah kunci untuk menarik perhatian perusahaan. Ketika mengkustomisasi resume, pastikan untuk menyoroti pengalaman, keterampilan, dan pencapaian yang paling relevan dengan posisi tersebut. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu memiliki pemahaman mendalam dan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Meskipun kamu sudah membuat resume yang telah disediakan di JobStreet, akan lebih baik lagi untuk mengupload CV secara manual juga. Pastikan selalu mengupdate CV agar para HR juga mengetahui update terbaru tentang pengalamanmu. Sebaiknya update CV mu selama 3 bulan sekali.

3. Membuat surat lamaran yang personal

Jangan mengirimkan surat lamaran yang sama untuk setiap posisi yang kamu lamar. Jelaskan alasan mengapa kamu tertarik pada posisi di perusahaan tersebut. Tunjukkan pengetahuan kamu tentang perusahaan dan bagaimana kamu dapat berkontribusi untuk mencapai tujuan mereka. Pastikan juga untuk menyesuaikan gaya penulisan dan tata bahasa dengan baik agar surat lamaranmu terlihat profesional dan menarik.

4. Melakukan Riset tentang Perusahaan

Sebelum melamar pekerjaan, luangkan waktu untuk melakukan riset tentang perusahaan yang kamu minati agar tidak tertipu lowongan kerja palsu. Carilah informasi yang akurat tentang sejarah perusahaan, nilai-nilai, visi dan misinya. Periksa juga reputasi perusahaan melalui ulasan karyawan atau berita terkait. Dengan melakukan riset yang menyeluruh, Kamu dapat membuat keputusan yang bijaksana dalam melamar pekerjaan dan menghindari situasi yang tidak diinginkan.  

5. Menggunakan Fitur Pencarian yang Tepat

JobStreet menawarkan berbagai fitur pencarian yang dapat membantu kamu menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan minat. Gunakan filter-fitur tersebut untuk menyempurnakan hasil pencarianmu. Pilih kriteria seperti lokasi, gaji, industri, dan tingkat pengalaman yang sesuai dengan preferensi kamu. Dengan menggunakan fitur-fitur ini, kamu tidak hanya dapat menghemat waktu tetapi juga dapat melihat hanya pekerjaan yang benar-benar relevan dengan minatmu.

6. Melakukan Follow Up Lamaran Kerja 

Jika kamu belum menerima tanggapan setelah mengirimkan surat lamaran, lakukan follow-up dengan mengirimkan email atau pesan singkat yang menunjukkan ketertarikan mu terhadap posisi tersebut. Mengirim email berisi follow up, tidak akan membuatmu langsung diterima kerja, namun perusahaan akan melihat keseriusanmu dalam melamar. Keuntungan lainnya adalah perusahaan mungkin akan mengenal nama dan akan mempertimbangkan kamu di kesempatan selanjutnya. 

7. Mengaktifkan Notifikasi Pekerjaan

Dengan mengaktifkan notifikasi, kamu akan langsung mendapatkan informasi tentang lowongan kerja baru secara up to date dan cepat. Kamu juga dapat mengatur preferensi pekerjaan, seperti bidang, lokasi, atau tingkat pengalaman yang diinginkan, dan notifikasi akan memberikan hasil yang disesuaikan dengan preferensi tersebut.

Baca Juga : Bootcamp adalah Solusi Tepat untuk Belajar IT yang Menyenangkan!

Untuk meningkatkan kesempatanmu dalam mendapatkan pekerjaan di JobStreet, kami juga ingin mengajakmu untuk mengikuti Bootcamp di  Startup Campus dengan tiga pilihan bidang ilmu yang paling dicari dan dibutuhkan di industri digital saat ini, yaitu:

Daftar sekarang dan mulailah perjalananmu menuju karier impian!

Picture of halima tussadiah

Bagikan Artikel

Subscribe
Notify of
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Your point of view caught my eye and was very interesting. Thanks. I have a question for you.

Thanks for sharing. I read many of your blog posts, cool, your blog is very good.

2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x