Diskon Bootcamp di Startup Campus

Studi Independen UI/UX Balik Lagi!

Contents

Magang dan Studi Independen (MSIB) dari Kampus Merdeka sudah membuka pendaftaran dan Startup Campus kembali hadir di batch 7. Kali ini Startup Campus hadir dengan trek UI/UX setelah sebelumnya hiatus di batch 6.

Sebelumnya kemana aja UI/UX Design?

Sebelumnya kami vakum di trek UI/UX Design dan berfokus ke Data Science & AI. Kali ini kami hadir paket lengkap dengan 3 trek: UI/UX Design, Data Science, dan AI. Maafkan telah membuat teman-teman merindu 🙂

Sebenarnya apa tujuan belajar UI/UX Design?

Tujuan utamanya untuk meningkatkan skill mahasiswa umum di bidang UI/UX Design. Kami ingin apapun prodinya, mahasiswa bisa berkarya dan berkarier di bidang ini. Kami berharap setiap bidang industri mengerti konteks dan konten yang akan digarap, supaya solusi yang ditawarkan bisa lebih kontekstual. Misalnya, dari prodi Pertanian, ingin memulai bisnis dan membutuhkan website. Tentu butuh skill UI/UX Design. Alangkah lebih baik designernya dari seorang yang memahami konteks pertanian juga. 

Tujuan spesifiknya, kami ingin setiap peserta mampu memiliki pemahaman mendalam terkait UI/UX, design process, dan user research, serta kemampuan praktis dalam menggunakan tools figma untuk mendukung proses desain. Gak cuma asal bikin desain, tapi memang mengerti proses desain itu sendiri.

Belajar apa aja di UI/UX Design?

Berikut spill topik/aktivitas yang akan dipelajari. Dimulai dari pengenalan UI/UX, lanjut ke Customer Discovery untuk mengenal siapa audience kita, lanjut belajar Product Design untuk mulai merancang produk kita, barulah ke tahap Testing untuk mengajak audience mencoba produk kita. Berikutnya ada Career Preparation untuk memastikan kita siap terjun langsung berkarya dan berkarier. Ditutup dengan Final Project dan Showcase bagi peserta sekaligus penilaian akhir.

Ada project apa aja di UI/UX Design?

Nah, ada 3 project nih yang bisa kita kulik sebagai peserta UI/UX Design. Pertama, ada Sustainable Green Economy (Agriculture). Kita akan dapat project yang mengambil konteks pertanian, kehutanan, sumber daya hayati, dan lainnya. Apakah project ini terbatas untuk mahasiswa Agriculture? Gak juga. Siapapun boleh join.

Kedua, Sustainable Blue Economy (Ocean). Kita akan dapat project yang mengambil konteks kelautan, maritim, geofisika, dan lainnya. Apakah project ini terbatas untuk mahasiswa kelautan? Gak ya, terbuka untuk umum.

Ketiga, Creating The Next Generation. Kita akan dapat project yang mengambil konteks kesehatan, gizi, farmasi, hingga stunting. Project ini juga terbuka untuk umum.

Gimana, udah tau mau pilih project yang mana dari UI/UX Design? Langsung pilih di website kampus merdeka

Atau kalo masih ingin tanya-tanya, bisa cek di komunitas MSIB Batch 7 Startup Campus.

Picture of Startup Campus

Bagikan Artikel

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x