Udah Jago Digital Marketing Masih Perlu Sertifikasi BNSP?

Contents

Pada 10 tahun terakhir ini memang perkembangan teknologi sangat di luar kontrol dan akhirnya memengaruhi karier para pelaku industri IT. Muncul banyak digital marketer alias orang yang jago digital marketing. Mereka jago memasarkan produknya melalui channel-channel yang 10-20 tahun lalu belum ada. Dari mulai email, blog, SEO, SEM, ads, KOL, dan lain sebagainya.

4 Alasan Kenapa Digital Marketing Sangat Dibutuhkan

1.Pergeseran Perilaku Konsumen ke Digital 

Dari anak balita sampai kakek-nenek semua mengakses internet dan sosial media. Pasar bisa saja sepi, tapi e-commerce selalu ramai melakukan live shopping. Teknologi membuat bergeseran perilaku manusia saat ini. Wajar jika ada pergeseran cara memasarkan produknya juga.

2. Efektivitas dan Efisiensi Pemasaran Digital

Kita bisa membuat iklan TV yang keren dalam jangka waktu lama dan dikenang masyarakat bertahun-tahun. Tapi budgetnya bisa 400-500juta rupiah. Bahkan tak jarang menembus 1 M. Sayangnya seringkali marketing funnel yang diraih hanya di level awareness dan consideration. Kalo dengan digital marketing, kita bisa cut budget hingga tersisa 10-20% saja, mungkin segera dilupakan dalam hitungan bulan, tapi marketing funnelnya bisa memastikan customer hingga closing. Balik modal bisa dalam waktu cepat. Efektif dan efisien.

3. Perkembangan Teknologi dan Variasi Iklan

Kalo variasi iklan saat dulu hanya berupa iklan video di TV, brosur di koran, baliho di jalan, kini banyak sekali variasi yang kita bisa pilih dengan range budget dan level marketing funnel berbeda. Contohnya, kita bisa menggunakan influencer atau KOL. Kalo dibreakdown, bisa pilih KOL level nano atau giga? Yang followernya 1K atau 1M? Kontennya mau softselling atau hardselling? Diajak office visit, talkshow, atau review sendiri aja? Mau collab post atau gak perlu mention? Short term atau long term? Bikin konten sendiri atau dibantu produksi oleh brand? Wah panjang ya opsinya, dan banyak pula variabel kesuksesan sebuah iklan.

4. Peluang Karier dan Masa Depan

Semakin beragam pilihan digital marketing, semakin luas area yang perlu dikuasai, semakin jelas bahwa profesi ini tidak bisa dikuasai oleh pihak tertentu. Hal yang berbeda dengan pola marketing jaman dulu, kayaknya mudah ditebak yaa siapa yang menang tender iklan TV. Agensi di Indonesia saat ini menjamur dimana-mana, semakin kreatif menulis brief, semakin berani mengusulkan tipe konten. Karier digital marketing seolah ditantang oleh masa depan dengan sendirinya, “Siapa yang beneran bisa jago digital marketing di semua channel?”

Ketika karier terbuka lebar, persaingan semakin ketat, kita perlu mencari pembeda dengan teman kita. Oleh karena itu, karier digital marketing sangat jelas membutuhkan booster atau penguat tambahan berupa sertifikasi. Sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dalam bidang digital marketing tetap relevan dan penting, sekalipun kamu merasa sudah jago.

Baca juga : Semua Karyawan Wajib Punya Sertifikasi Data Analyst atau Bakal Tergeser AI?!

Mengapa perlu punya sertifikasi Digital Marketing

Sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dalam bidang digital marketing tetap relevan dan penting meskipun Anda merasa sudah jago. Berikut beberapa alasannya:

1. Pengakuan Standar Kompetensi Nasional

Sertifikasi BNSP memastikan bahwa kamu memiliki kompetensi yang diakui secara nasional sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh industri dan pemerintah Indonesia bahkan di level internasional masih diakui. Kamu bisa lebih kompetitif menjalani karier, misal mau naik jabatan atau pindah kerja karena punya pengakuan ini.

2. Kredibilitas dan Kepercayaan

Sertifikat ini adalah bukti kompetensi, meski terasa hanya selembar kertas. Tapi kita tahu cara mendapatkannya gak mudah. Maka dengan memiliki ini kamu sedang membangun kredibilitas dan kepercayaan dari orang sekitar, terutama bagi yang jurusan kuliahnya tidak sesuai dengan profesi saat ini.

3. Validasi dan Relevansi

Kamu akan mendapatkan penilaian objektif atas apa yang kamu kerjakan, meski sebelumnya kamu sudah merasa jago di bidang digital marketing. Dari ngurus email, bikin WA blast, ngatur konten sosmed, hingga memenangkan SEO di page 1. Portfolio kamu semakin kuat dan juga semakin relevan. Kamu gak dianggap outdated dengan perkembangan teknologi saat ini, karena kamu selalu update sertifikasimu.

Baca juga : Sudah Punya Sertifikasi BNSP, Masih Susah Dapet kerja

Wah banyak juga ya alasan yang juga sekaligus menjadi manfaat memiliki sertifikat BNSP Digital Marketing. Kamu mungkin merasa perlu menimbang-nimbang lagi kapan waktu yang tepat memiliki ini, namun promo sertifikasinya tidak datang dua kali. Yuk segera daftar sertifikasi digital marketing bnsp sekarang juga!

Picture of Startup Campus

Bagikan Artikel

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x